Adopsi Smartphone Negara Ini Tertinggi di Dunia

Jakarta - Asia memimpin untuk urusan adopsi dan intensitas penggunaan smartphone. Lebih mengerucut lagi, Singapura berada di urutan teratas, mengalahkan Korea Selatan.

Berdasarkan studi Consumer Barometer yang dirilis Google, adopsi smartphone di Singapura adalah yang tertinggi di dunia, yakni 85%. Tak heran, negeri tetangga ini mendapat julukan 'Negara Smartphone'.


Sementara itu, Korea Selatan yang sebelumnya menempati urutan teratas, seperti dikutip dari Channel News Asia, Selasa (4/11/2014) kini berada setelahnya dengan tingkat adopsi 80%.


Dikatakan Google, riset ini dilakukan oleh perusahaan riset pasar TNS yang melibatkan 46 negara dan 150 ribu wawancara. Mereka ditanyai mengenai kebiasaan seperti penggunaan perangkat dan akses online, bagaimana mereka berbelanja dan menonton tayangan, serta peran digital dalam kehidupan sehari-hari.


Studi ini juga memperlihatkan, semakin banyak orang Asia yang mengakses internet di smartphone ketimbang komputer desktop. Dalam postingannya, Chief Marketing Officer Google Asia Pacific Simon Kahn mengatakan tren 'mobile-first' sangat lazim di negara-negara Asia, terutama Asia Tenggara.


"Adopsi smartphone mengambil alih adopsi komputer untuk pertama kalinya dalam beberapa tahun terakhir. Tren ini terlihat di negara-negara seperti Singapura, Malaysia, Indonesia, belum lagi Hong Kong dan China," sebutnya.


Temuan lain dari studi ini, negara-negara di Asia memiliki laju jumlah pengguna internet di smartphone tertinggi. Tidak ada negara lain di luar Asia yang memperlihatkan tren ini.


(rns/fyk)