Resep Sukses Candy Crush cs

Stockholm - Mereka yang suka bermain game mobile pasti sudah akrab dengan Candy Crush Saga. Game casual yang sempat booming dan bikin ketagihan ini merupakan produk asli Swedia.

Sejatinya, game yang lahir dan populer dari industri game Swedia tak cuma Candy Crush. Masih banyak game lain seperti Battlefield, Mad Max, Minecraft, Steamworld Dig dan lainnya yang dibuat dari negara dengan jumlah penduduk sekitar 9 juta ini.


Per Stromback, juru bicara dari Swedish Games Industry mengungkapkan, kota Stockholm menjadi 'surga' bagi startup digital di Swedia. Khususnya bagi industri game, dimana ada 300 developer yang bermarkas di Stockholm. Tak terlalu besar memang, tetapi pengaruhnya cukup disegani di dunia persilatan game.


"Sejauh ini sudah ada lebih dari 700 juta orang yang memainkan game buatan Swedia. Game-game buatan Swedia telah merambah perangkat mobile, PC dan konsol," ujar Stromback dalam acara Ericsson Business Innovation Forum 2014 yang berlangsung di Stockholm, Swedia.


"Jadi jika diambil rata-rata, 1 dari 10 orang di bumi telah memainkan game Swedia," imbuhnya.


Pada tahun 2013, industri game Swedia benar-benar mencicipi manisnya bisnis game. Profit yang mereka raup tercatat 2,4 miliar krona Swedia atau setara dengan USD 324 juta -- tumbuh 635%.


Jauh melebihi dari raihan di tahun 2012 yang 'cuma' 338 juta krona (USD 45 juta) dan 128 juta krona (USD 17 juta) di 2011.Next


(ash/rou)