CEO Ericsson Hans Vestberg mengungkapkan, Ericsson saat ini diperkuat dengan 114.000 karyawan, dimana 25.000 di antaranya bekerja di divisi R&D dan 64.000 di bagian services.
Ada 35.000 paten yang dipegang oleh perusahaan yang berkantor pusat di Stockholm ini. Dengan customer di 180 negara, mereka meraup net sales USD 35 miliar pada tahun 2013 kemarin.
"Sedangkan dari sisi pelanggan yang berparner dengan operator, ada 1 miliar pelanggan yang kami kelola, dan 50% trafik smartphone di jaringan LTE juga ditangani oleh jaringan Ericsson," kata Hans, saat berbicara di Ericsson Business Innovation Forum 2014 di Stockholm, Swedia.
"Namun apa setelah itu?" ujarnya.
Saat ini, industri telekomunikasi yang awalnya menjadi core bisnis Ericsson telah berubah, termasuk juga klien besar mereka -- yakni operator yang juga mengalami perubahan. Otomatis, hal ini juga harus bisa dihadapi oleh Ericsson dengan melakukan transformasi terhadap bisnisnya.
Dalam jangka pendek ada tiga fase yang disebut Hans sangat kritikal bagi Ericsson. Yakni di periode 2009-2013 yang menjadi periode booming ponsel dan modem, 2012-2017 dimana isu konsolidasi di industri telekomunikasi mengemuka, serta 2014-2020 yakni ketika ekspansi ke area bisnis baru.Next
(ash/rou)