WiFi Ngebut dan Gratisan di Stasiun Kereta Api

Stockholm - Internet super cepat tentunya jadi impian banyak orang. Apalagi jika digratiskan pula, siapa tidak mau?

Hal ini pula yang ditemui detikINET saat berkunjung ke Stockholm, Swedia guna menghadiri Ericsson Business Innovation Forum 2014 di Stockholm, Swedia.


Ketika mampir di Central Station alias stasiun kereta api besar di kota Stockholm, ternyata ada layanan WIFi. Gratis tentunya tinggal registrasi sebentar, dan Anda pun sudah bisa internetan.


Untuk ukuran internet gratisan, WiFi di Central Station ini begitu ngebut. Penasaran, detikINET pun coba mengetesnya dengan speedtest. Hasilnya tembus 14,20 Mbps untuk download dan 14,52 Mbps untuk upload.


Mengesankan? Tergantung Anda melihatnya. Untuk ukuran kecepatan memang tak terlalu mencolok, di Indonesia mungkin juga bisa ditemui internet dengan kecepatan seperti ini.


Namun yang perlu dicatat adalah, kecepatan internet 14 Mbps ini dicapai lewat layanan WiFi gratisan di stasiun kereta api yang memiliki kondisi sangat ramai setiap harinya.


Jadi tak sekadar gimmick iklan 'free WiFi' yang biasa kita temui sepanjang jalan. Namun saat dijajal, internetnya malah ngos-ngosan.


Ya, Stockholm memang telah melangkah lebih jauh soal infrastruktur telekomunikasi. Apalagi kota ini adalah kampung halaman berbagai raksasa industri dunia, mulai dari Volvo, Electrolux, Ikea, sampai Ericsson yang merupakan perusahaan telekomunikasi dunia yang biasa digandeng operator untuk membangun infrastrukturnya.


Stockholm juga menjadi kota pertama yang menggelar komersialisasi 4G Long Term Evolution pada tahun 2009 lalu bersama dengan Oslo di Norwegia.


(ash/fyk)