Menteri ESDM Tak Pernah Punya Akun Twitter

Jakarta - Twitter menjadi salah satu media sosial yang paling banyak digunakan oleh para pejabat ataupun tokoh masyarakat. Namun tak jarang juga banyak akun palsu yang menamakan salah satu pejabat, seperti akun yang disebut milik Menteri Energi dan Sumberdaya Mineral (ESDM) Sudirman Said.

Penelusuran detikINET, Selasa (4/11/2014), akun palsu Sudirman Said tersebut bernama @SudirmanSaid_. Dalam keterangan di profil akun tersebut disebutkan bahwa akun tersebut merupakan akun resmi milik Menteri ESDM Periode 2014-2019. Selain itu, disebutkan juga nomor telepon Presiden Joko Widodo (Jokowi) sebagai saluran layanan pengaduan masyarakat.


"Account Official Menteri ESDM Periode 2014-2019 Di Kabinet Kerja(KK). Silahkn Hub:08122600960 Untuk Pengaduan Langsung Ke Presiden Jokowi," demikian tulis akun tersebut.


Sejauh ini, akun tersebut sudah 106 kali berkicau. Jumlah pengikutnya juga lumayan banyak, yaitu 637.


Kicauan akun tersebut rata-rata mengenai pelayanan pengaduan masyarakat. Yang menjadi perhatian, akun ini banyak berkicau terkait kebijakan pemerintah yang berencana untuk menaikkan harga BBM. Setidaknya ada sekitar 10 kicaauan soal kenaikan harga BBM.


"Jika Kita Menaikan Harga BBM pada saat minyak Dunia Sedang Turun, Negara kita Akan mendapatkan Keuntungan yg Lebih Besar," kicauan @SudirmanSaid_ mengawali kultwitnya soal harga BBM.


"Menaikan BBM adalah Tindakan yg paling Tepat dlm Membangun Bangsa ini," lanjut kicauannya.


Akun ini kemudian banyak diperbincangkan di media sosial. Salah seorang netizen, Ipang Wahid akhirnya mengkonfirmasi langsung soal akun tersebut ke Menteri ESDM Sudirman Said. Lewat pesan singkat, Sudirman membantah memiliki akun twitter.


"Bisanya cuma BB (blackberry) dan WA (WhatsApp) doang. Kagak ngarti main twiter," demikian kutipan Sudirman Said dari percakapan Ipang Wahid.


(jor/rou)