Sisa Frekuensi 3G Kapan Mau Dilelang, Pak Menteri?

Jakarta - Pemerintah melalui Kementerian Kominfo masih memiliki dua blok kanal 3G yang tersisa di spektrum 2,1 GHz. Rencananya, pita frekuensi 10 MHz di blok 11 dan 12 ini akan dilelang akhir 2014.

Menanggapi rencana lelang 3G yang diwariskan oleh Menkominfo sebelumnya, Tifatul Sembiring, Rudiantara sebagai penggantinya angkat bicara. "Belum tahu kapan. Tapi ya nanti kita lihat lagi lah kalau memang ada yang butuh," ujarnya tadi malam saat ditemui di Tanjung Duren, Jakarta Barat, Rabu (5/11/2014).


Sebelumnya, Kementerian Kominfo berencana akan melelang dua blok frekuensi yang dikembalikan oleh Axis Telekomunikasi Indonesia sebagai bagian dari persyaratan merger dengan XL Axiata.


Menurut Dirjen Sumber Daya Perangkat Pos dan Informatika Kementerian Kominfo, Muhammad Budi Setiawan, kedua blok itu sudah bisa dilelang seiring berpindahnya Smartfren Telecom dari pita 1.900 MHz ke 2,3 GHz.


"Dengan pindahnya Smartfren, otomatis isu tentang interferensi 3G di 2,1 GHz sudah hilang. Sehingga, dua kanal yang tersisa di blok 11 dan 12 sudah pasti bersih dan siap dilelang akhir tahun ini," ujarnya beberapa waktu lalu kepada detikINET.


Sejauh ini, operator yang memiliki lisensi 3G di 2,1 GHz adalah Telkomsel (15 MHz), Indosat (10 MHz), XL dan Axis (15 MHz), serta Hutchison 3 Indonesia (10 MHz). Kedua blok frekuensi yang tersisa bisa kembali diperebutkan oleh para operator ini.


(rou/rou)