Samsung Berhenti Bikin TV OLED

Jakarta - Samsung dan LG selama beberapa waktu ke belakang bersaing dalam mempopulerkan penggunaan panel OLED untuk televisi. Namun kini Samsung akan menghentikan pengembangan panel OLED untuk televisi.

Itu dikatakan oleh Kim Hyun-seok, Head of Samsung Electronics TV Business, yang menyebut bahwa tahun 2015 mereka tak akan merilis TV dengan panel OLED. Sementara rival senegaranya, LG, masih melanjutkan investasinya di panel OLED.


"Kami telah melakukan semuanya untuk memproduksi OLED, karena kami yakin bahwa panel ini akan menggantikan LCD di masa yang akan datang," ujar San Kim, juru bicara LG.


Sementara Samsung Electronic dikabarkan akan meluncurkan jenis panel TV anyar pada tahun 2015. Panel tersebut bernama quantum dot LCD, dan akan dipamerkan di gelaran Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas.


Beberapa tahun yang lalu, panel QD LCD itu terbilang sulit untuk diproduksi karena menggunakan cadmium sebagai salah satu bahannya. Cadmium adalah substansi yang berbahaya bagi manusia.


Namun seperti dilansir ZDNet Korea, Senin (3/10/2014), Samsung telah menemukan campuran bahan kimia yang bisa menyelesaikan masalah ini.


(asj/fyk)