Game Minecraft Resmi Jadi Milik Microsoft

Jakarta - Microsoft akhirnya resmi jadi pemilik game Minecraft setelah raksasa software itu menuntaskan pembelian Mojang, penerbit game tersebut dengan mahar USD 2,5 miliar.

Proses akuisisi ini akhirnya rampung setelah melewati proses pembelian sejak September lalu. Seperti detikINET kutip Ubergizmo, Jumat (7/11/2014), hasil akhir kesepakatan ini diumumkan Head of Microsoft's Xbox Division Phil Spencer melalui akun Twitternya.


"Kini resmi sudah. Kami menyambut Mojang ke keluarga Microsoft Studios. Kami sangat gembira dengan berbagai kemungkinan yang akan dihadapi ke depan bersama komunitas Minecraft," tulisnya.


Minecraft boleh dibilang adalah game populer di PC maupun konsol. Game ini cukup menarik bagi gamer Xbox dengan pencapaian terjual lebih dari 10 juta kopi di Xbox 360.


Daya tarik ini sepertinya cukup membuat Microsoft mempertimbangkan untuk mengakuisisi developer di balik game tersebut. Kabar Mojang akan diakuisisi Microsft sebenarnya cukup mengejutkan.


Pasalnya, pendiri Mojang, Markus 'Notch' Persson dikenal sebagai developer indie yang cukup idealis dan cenderung mengabaikan pengaruh luar. Persson bahkan pernah secara terbuka mengumumkan akan membatalkan Minecraft untuk Oculus Rift, setelah dia mengetahui bahwa Facebook akan mengakuisisi baik perusahaan maupun teknologi Oculus.


Sejumlah pendapat menyebutkan, salah satu alasan Microsoft merasa perlu membeli Minecraft antara lain karena kesepakatan ini akan menjadi jalan bagi raksasa software tersebut memuluskan ambisinya di segmen mobile.


Windows Phone saat ini merangkak agar menjadi populer. Pangsa pasarnya baru sekitar 2,5% dari pasar smartphone dunia. Mereka butuh aplikasi dan game dari pengembang yang jarang menyentuh platform ini.


Masuknya Minecraft, diperkirakan bisa menjadi senjata Microsoft untuk mendorong developer lain agar tertarik menaruh aplikasinya untuk Windows Phone. Saat ini Minecraft memiliki 100 juta pemain aktif di seluruh dunia.


(rns/rou)