Misteri Jam 9.41 di Iklan Apple iPhone

Jakarta - Jika diperhatikan, iklan Apple yang menampilkan iPhone atau iPad selalu menunjukkan jam 9.41 di layarnya. Memangnya apa alasannya Apple selalu memasang waktu tepat di jam tersebut?

Jadi ternyata, begini ceritanya. Sebenarnya pada zaman dahulu, jam yang dipilih Apple adalah 9.42. Itu adalah waktu di mana Steve Jobs memperkenalkan iPhone generasi pertama pada tahun 2007.


Dikutip detikINET dari BGR, Kamis (6/11/2014), pemilihan jam 9.42 berakhir pada tahun 2010. Waktu itu peluncuran tablet Apple iPad generasi pertama berlangsung pada pukul 9.41. Nah sejak itulah, pukul 9.41 dipakai di iklan iPhone dan iPad hingga sekarang.


Mantan bos iOS Scott Forstall pernah menjelaskan soal ini. Biasanya pada sekitar jam tersebut, Apple memang memperkenalkan produk terbarunya.


"Kami merancang peluncuran produk sedemikian sehingga pengungkapan produk terjadi sekitar 40 menit dari awal presentasi," kata Forstall. Event Apple memang biasanya dimulai jam 9 tepat.


"Ketika gambar besar produk muncul di layar, kami menginginkan agar jam yang ditunjukkan mendekati waktu sebenarnya di jam audiens. Inilah rahasia jam itu," tambah dia.

(fyk/rou)