Tiap Bulan, XL Potong Pulsa Rp 6 Miliar

Jakarta - XL baru saja menggandeng Jongla, aplikasi pesan instan asal Finlandia sebagai mitra bisnisnya. Dalam kerjasama itu, pelanggan XL yang menggunakan Jongla bisa melakukan pembelian konten digital berupa stiker dengan menggunakan pemotongan pulsa XL. Oleh XL, metode pembayaran ini dinamakan carrier billing.

Konsep pemotongan pulsa itu sudah diterapkan oleh XL sejak Maret 2014 lalu melalui layanan XKoin. Dalam peluncurannya, XL menegaskan jika pihaknya merupakan operator pertama di Indonesia yang menyediakan layanan direct carrier billing.


Berbicara mengenai carrier billing, Riskha Adam Muharadi, Manager Social Network & Gaming Digital Services XL Axiata mengatakan, metode pembayaran ini tak hanya berfokus kepada layanan over the top (OTT) dan terkait stiker saja, tetapi juga online gaming dan in-app-purchase gaming.


"Sekarang kami sudah ada 500.000 pelanggan yang menggunakan carrier billing Xcoin. Untuk jumlah pendapatannya sendiri di carrier billing saat ini sudah mencapai Rp 6 miliar per bulannya," papar Adam seusai acara kerjasama Jongla dan XL di Senayan City, Jakarta, Rabu (5/11/2014).


Maka dari itu, XL berharap jika kerjasama terbarunya dengan Jongla mampu mendongkrak pendapatan carrier billing lebih besar lagi. Namun sayangnya, tak disebutkan berapa target proyeksi bisnis yang diharapkan dari OTT instant messaging tersebut.


(rou/rou)