Ketika 'Paguyuban' Vendor Android Duduk Satu Meja

Jakarta - Apa jadinya bila pembesut Android di Indonesia, baik vendor global dan lokal, yang tadinya bersaing memperebutkan pangsa pasar kini bisa duduk manis dalam satu meja?

Vendor-vendor seperti Samsung, LG bisa berdampingan dengan Evercoss atau Mito dalam satu kesempatan yang digagas oleh Telkomsel. Operator seluler dengan 140 juta pelanggan tersebut menyatukan 'paguyuban' ini dalam program yang disebut Telkomsel Android United (TAU).


"Kami sengaja mengundang para vendor Android ini di sini, karena kita melihat pertumbuhan yang paling tercepat di Indonesia adalah Android. Lonjakannya bisa sampai 300%," kata Ririn Widaryani, Vice President Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel, di City Walk, Jakarta, Selasa (2/12/2014).


Ririn mengklaim bahwa sekitar 95% vendor Android ini bergabung dengan program TAU. Dia juga menyebut 17 perusahaan itu adalah Samsung, LG, Sony, Lenovo, HTC,Acer, Huawei, Speedup, TiPhone, SPC Mobile, Cyrus, Advan, Mito, Evercoss, Alactel, Nexian, dan Maxtron.


Dengan bergabungnya vendor Android tersebut tentu saja akan memberikan value bagi pelanggan smartphone, baik yang eksisting maupun didorong untuk melakukan migrasi.


"Segmen yang dibidik TAU ini juga sangat luar biasa. Karena kita tahu pertumbuhan smartphone di Telkomsel sudah 70%, namun itu masih setengah dari pelanggan Telkomsel secara keseluruhan," ucap Ririn.


Pelanggan Telkomsel tentu saja akan mendapatkan banyaknya pilihan device, dengan paket atraktif dan kompetitif.


"Kita akan memberikan bundling khusus kepada pengguna untuk menambahkan value, seperti dengan mengaktifkan paket data Rp 30 ribu per bulan, pelanggan akan mendapatkan data hingga 4,5 GB dan gratis layanan instant messaging seperti BBM, WhatsApp, dan Line," tandasnya.


Tak hanya itu saja, Telkomsel akan mendorong berbagai promo dari sisi marketing dan diskon smartphone pada momen-momen tertentu.


(tyo/ash)