Akses Internet 1 Gbps Google Mulai Beroperasi

Austin, AS - Google Fiber, layanan internet super cepat Google berbasis jaringan fiber optik mulai beroperasi di Austin, Texas, Amerika Serikat (AS). Kecepatan yang ditawarkan Google terbilang asyik, mencapai 1 Gbps atau sekitar 100 kali lebih kencang dari kecepatan koneksi internet maksimal di AS saat ini.

Warga kini bisa mendaftar layanan internet kecepatan tinggi dan Google Fiber TV. Untuk saat ini, Google hanya menerima pendaftaran dari wilayah selatan dan tenggara Austin.


Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (2/12/2014), ketersediaan akan diperluas secara bertahap hingga akhirnya meliputi seluruh wilayah Austin dalam beberapa bulan ke depan.


Ada tiga opsi harga yang bisa dipilih konsumen. Pertama adalah langganan USD 130 per bulan berupa paket internet broadband 1 Gbps dengan Fiber TV dan penyimpanan di Drive, Gmail dan Google+ photo sebesar 1 TB.


Mereka yang tidak menginginkan layanan TV bisa hanya berlangganan internet dengan biaya USD 70 per bulan. Paket ini termasuk layanan broadband dengan kapasitas penyimpanan cloud gratis 1 TB. Ada harga khusus bagi pelaku bisnis kecil yakni layanan broadband USD 100 per bulan.


Google juga menawarkan paket basic yang menawarkan kecepatan 5 Mbps dan 1 Mbps untuk konsumen yang membayar USD 300 construction free untuk Google Fiber. No construction fee berlaku dengan opsi lain selama konsumen setuju menggunakan layanan selama satu tahun.


Google Fiber pertama kali diperkenalkan pada awal 2010. Puluhan kota di AS kala itu berlomba mencalonkan diri untuk menjadi yang pertama menggelar Google Fiber akan diterapkan.


(rns/ash)