Surprise! Pengguna BlackBerry Indonesia Masih Tinggi

Jakarta - Di sejumlah negara, pengguna BlackBerry terus menurun yang diiringi dengan anjloknya market share. Di Indonesia, tampaknya hal tersebut tidak berlaku bagi perusahaan asal Kanada itu.

Kendati bukan kabar baik, setidaknya menurut Telkomsel, jumlah pengguna BlackBerry cenderung tak bergerak, baik naik ataupun turun. Dengan jumlah presentase yang boleh dibilang cukup tinggi.


"Jumlahnya masih ada di kisaran 40% dari jumlah pengguna smartphone Telkomsel. Kita juga terkejut, karena BlackBerry ini handsetnya di (coverage) kita masih ada, walaupun tidak naik atau turun," ungkap Ririn Widaryani, Vice President Prepaid and Broadband Marketing Telkomsel, di City Walk, Jakarta, Selasa (2/12/2014).


Ririn mengatakan, saat ini jumlah pengguna smartphone Telkomsel mencapai 45% dari total 140 juta pelanggan. Artinya, masih ada sekitar 30 juta pemakai BlackBerry dari 77 juta pelanggan smartphone Telkomsel.


"Tertinggi itu Android, jumlahnya sampai 55%. Sisanya ya BlackBerry 40%, baru kemudian iOS dan Android. Keduanya sama-sama masih kecil," tandasnya.


Saat ini, Telkomsel berupaya agar jumlahnya bisa naik di tahun 2015. Ririn menargetkan akan ada pertumbuhan 70% pelanggan Telkomsel yang menggunakan smartphone.


(tyo/ash)