Windows 8.1 Salip Windows XP

Jakarta - Meski terbilang jadul, Windows XP masih menjadi salah satu sistem operasi paling disukai oleh pengguna komputer. Namun laporan terbaru menyatakan popularitas Windows XP mulai memudar dan diambil alih oleh Windows 8.1.

Hal itu diungkap oleh data pembagian pasar sistem operasi pada bulan November 2014 yang dibeberkan oleh StatCounter. Market share Windows XP dilaporkan menurun jadi 10,69% yang menempatkannya di posisi ketiga.


Posisinya bertukar dengan Windows 8.1 yang sebelumnya berada di bawahnya. Windows 8.1 berhasil mengatrol penguasaan pasarnya menjadi 10,95% sehingga memberinya posisi runner-up sebagai sistem operasi paling banyak digunakan.


Selisihnya memang tak sampai 1%, tapi seperti detikINET kutip dari Toms Hardware, Selasa (2/12/2014), analis menyebut hal itu menunjukkan perkembangan yang baik buat Microsoft, mengingat dukungan terhadap Windows XP yang telah dihentikan sejak bulan April 2014 lalu.


Sedangkan sebagai posisi teratas dan masih diprediksi sulit disaingi adalah Windows 7. Sistem operasi ini masih memimpin dengan presentase pasar mencapai 50,34%. Sementara itu OS X besutan Apple berada di posisi keempat dengan raihan pasar sebesar 8,11%.


Adapun Windows 8 dan Windows Vista mengisi posisi dua terbawah dengan presentase pasar masing-masing 4,9% dan 2,7%.


(ash/ash)