OnePlus One Makin Ngacir dengan CyanogenMod Lollipop

Jakarta - Tak cuma ponsel besutan produsen ternama, pengguna ponsel OnePlus One dipastikan juga segera merasakan manisnya Android 5 Lollipop. Tapi bukan rilis resmi hasil kerjasama dengan Google, melainkan hasil kustomisasi CyanogenMod.

Hal itu disampaikan sendiri oleh Steve Kondik, pendiri Cyanogen. Dikatakannya, Android Lollipop yang dibenamkan di ponsel OnepLus One bakal hadir sebagai CyanogenMod 12 Build. Kondik juga menjanjikan CyanogenMod 12 Build bakal stabil karena telah melalui pengujian.


OnePlus One sendiri memang sejak lama menggandeng Cyanogen sebagai penyedia sistem operasinya. Sebab selain spesifikasi, OnePlus juga menonjolkan OS besutan Cyanogen yang tertanam di ponsel besutannya sebagai daya tarik.


Adapun Cyanogen dikenal sebagai salah satu penggarap Android kustomisasi terbaik saat ini. Semenjak resmi berdiri menjadi perusahaan, Cyanogen memang mulai melebarkan sayap bisnis dengan menjalin kerjasama dengan produsen ponsel agar menggunakan OS bikinannya. Jalinan kerjasama itu salah satuya adalah dengan OnePlus.


Pun demikian, Cyanogen tidak meninggalkan penggemarnya. Karena perusahaan ini tetap menghadirkan update terbaru OS CyanogenMod yang bisa gratis di-download di halaman situsnya. OS CyanogenMod digemari karena dianggap lebih ringan dibanding stock Android, minim bug dan kompatibel dengan banyak ponsel, meski yang lawas sekalipun.


Kembali ke ponsel OnePlus One, seperti detikINET kutip dari GSM Arena, Senin (19/1/2015), pengguna disebutkan sudah bisa merasakan Android Lollipop ala CyanogenMod 12 Build pada bulan Februari mendatang.


Tapi hal ini tak akan dirasakan pengguna OnePlus One India. Alasannya karena terjadi gesekan antara produsen ponsel Micromax yang mengklaim telah lebih dulu menjalin kerjasama dengan Cyanogen untuk pasar India.


Jadi khusus pengguna India, OnePlus menjanjikan bakal menghadirkan versi Android Lollipop yang akan digarap timnya sendiri.


(yud/ash)