Amazon: Kami Tidak Tawarkan Ponsel Gratis

Jakarta - Pekan lalu, Amazon dikabarkan berencana memperkenalkan smartphone. Menariknya, handset ini dijual dengan cara unik, sehingga boleh dibilang gratis untuk konsumen. Namun kabar tersebut langsung dibantah raksasa retailer online ini.

"Kami tak punya rencana menawarkan ponsel tahun ini. Kalau pun kami meluncurkan ponsel nantinya, tidak akan gratis," demikian pernyataan Amazon seperti dilansir AllThingsD, Senin (9/9/2013).


Amazon saat ini masih mempertimbangkan cara paling memungkinkan bermitra dengan pembesut hardware. Laporan pekan lalu juga mengindikasikan bahwa Amazon sedang mendekati sejumlah operator untuk mendistribusikan handsetnya.


Sebelumnya, Amazon disebut-sebut bisa merevolusi industri smartphone di Amerika Serikat dengan memperkenalkan smartphone secara gratis. Tak seperti skenario penjualan smartphone yang ada sekarang, Amazon akan merilis smartphone gratis tanpa paket data wajib.


Di AS, operator telekomunikasi biasanya memberlakukan diskon harga perangkat ketika pengguna mendaftar kontrak paket data untuk satu atau dua tahun. Ini adalah sebagai ganti menutupi harga perangkat untuk jangka panjang.


Nah, Amazon kabarnya punya ide gratisan ini. Namun tentu saja, gratis yang bersyarat. Pengguna mendapatkan smartphone secara cuma-cuma dengan kondisi harus membayar layanan seperti Amazon Prime, semacam program loyalitas pelanggan.


(rns/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!