Apple Masih Andalkan Samsung Garap Prosesor iPhone

Jakarta - Berseteru di meja hijau ternyata tak menghalangi hubungan bisnis antara Apple dan Samsung untuk urusan pabrikasi prosesor. Apple bahkan dikabarkan masih menaruh kepercayaan kepada Samsung untuk terus memproduksi 'otak' iPhone generasi berikutnya.

Belum lama ini, kita dikejutkan dengan terbongkarnya kabar bahwa perusahaan yang menggarap prosesor 64 bit untuk iPhone 5S ternyata adalah Samsung. Namun tunggu dulu, ternyata tak hanya sampai di situ saja. Isu teranyar berikut dipastikan bakal lebih mengejutkan lagi.


Setelah disebut sebagai pihak yang menggarap prosesor A7, Samsung juga ramai diberitakan bakal lanjut menggarap prosesor Apple selanjutnya. Hanya saja, Samsung tidak sepenuhnya memproduksinya, melainkan berbagi hampir setengahnya dengan TSMC yang juga mulai dipercaya Apple.


Seperti detikINET kutip dari lansiran Korean Times Daily, Senin (30/9/2013), Samsung bakal kebagian jatah produksi prosesor yang konon disebut Apple A8 tersebut hingga 40% dari total produksinya.


Adapun alasan Apple tetap mengandalkan Samsung adalah karena Apple disebut memilih bermain aman dengan pabrikasi 20 nm yang bakal digunakannya pada prosesor selanjutnya tersebut.


Selain itu, ironisnya, sejumlah petinggi Apple pun disebut merasa lebih baik bila produksi Apple A8 masih dipegang oleh pemasok komponen yang selama ini telah dipercayanya -- yang dalam hal ini adalah Samsung --.


Namun, sejauh ini belum ada tanggapan resmi baik dari Apple maupun Samsung terkait isu yang telah meluas ini.


(yud/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!