True Audio AMD Tantang Produsen Sound Card?

Jakarta - AMD punya teknologi baru untuk meningkatkan kualitas suara di dalam game. Padahal, hal yang sama sudah dilakukan sejumlah produsen sound card dalam beberapa tahun terakhir ini.

Suara memang menjadi bagian penting untuk menhidupkan suasana di dalam game. Tak heran, sejumlah produsen kartu suara seperti Creative, Asus, dan lainnya rela melakukan riset untuk menemukan teknologi terbaik.


Teknologi yang dimaksud adalah, fitur yang memungkinkan para developer game menciptakan sebuah suara yang realistis. Seperti efek menggema di dalam gua, letusan, percakapan, dan efek suara lainnya. Creative sudah coba memfasilitasi ini di dalam jajaran produk X-FI.


Hal itu ternyata dirasa belum cukup oleh AMD. Produsen chip ini coba mengembangkan teknologi suara yang mereka sebut True Audio dengan memanfaatkan kekuatan kartu grafis.


"Ini adalah pertama kalinya ada sebuah pipeline pada GPU yang didedikasikan untuk suara," kata Carl Wakeland, Fellow Design Engineer AMD.


Dengan True Audio, banyak anggapan bahwa AMD akan berusaha menyaingi para produsen kartu suara, namun hal ini dianggap salah.


Menurut AMD, True Audio dibuat untuk bekerjasama dengan kemampuan sebuah sound card. Sehingga suara yang dihasilkan pun tetap tergantung dari kemampuan kartu suara.


Dilihat dari cara kerjanya True Audio juga terlihat masih membutuhkan soundcard handal. Karena teknologi AMD itu hanya akan mengirimkan 'sinyal mentah' untuk kemudian diolah oleh masing-masing pengolah suara dalam komputer.


"Tidak, kami tidak bersaing dengan mereka (produsen sound card-red)," jelas Matt Skynner, Corporate Vice President & GM, Graphic Business unit AMD, saat ditemui detikINET di JW Marriot Hotel, Hawaii, baru-baru ini.


(eno/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!