Konsep Malware Ada Sejak 1949

Jakarta - Tahukah Anda bawah konsep pembuatan virus sudah ditemukan pada tahun 1949? Saat itu, John von Neuman, punya pemikiran bahwa ada program yang dapat mereplikasi dirinya sendiri.

Hal ini dibuktikan oleh tiga programmer dari AT&T Bell Laboratories yang menyaksikan program ciptaan mereka bertarung memperebutkan kontrol atas satu komputer dalam eksperimen yang dinamakan 'Core Wars'.


Fakta yang cukup mengejutkan adalah virus pertama yang secara resmi diakui (C) Brain bukan berasal dari Amerika atau Eropa sebagai negara penemu komputer, tetapi berasal dari Pakistan.


Pada tahun 1986 dua bersaudara Basit dan Amjad, pemilik toko komputer di Lahore, Pakistan, adalah yang pertama kali memasukkan program kecil ke dalam boot sektor pada disket 360 KB yang akan berjalan otomatis saat komputer hidup.


Perlu diketahui bahwa saat itu nyaris semua komputer hanya bisa dihidupkan melalui disket, hanya sedikit yang menggunakan hardisk karena saat itu masih amat mahal dan belum umum.


Setelah masuk ke dalam sektor boot, program ini akan menetap di memori komputer untuk menduplikasikan dirinya ke disket lain yang dimasukkan ke drive A ataupun drive B.


Setahun setelahnya, University of Delaware menyadari bahwa mereka telah terinfeksi virus tersebut karena adanya label '(c) Brain' pada disket-disket yang mereka gunakan.


Bersambung...


(eno/rou)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!