Update Flash Player yang Bikin Keblinger

Jakarta - Pernah diminta untuk update Flash Player Pro saat internetan? Bisa jadi itu merupakan jebakan dari penjahat cyber. Kalau sudah masuk perangkap, siap-siap saja komputer jadi keblinger.

Permintaan ini update Flash Player Pro ini kerap muncul saat komputer mengakses Google, Facebook dan YouTube. Untuk lebih meyakinkan disertakan pula logo yang mirip Adobe Flash Player dengan pesan sebagai berikut:


Update Your Flash Player (RECOMMENDED)

• Download any Movie, Video, TV shows From Any Website

• Watch any Video in Full 1080i HD

• Faster Playback and Streaming in Firefox, Chrome and Internet Explorer

• Total Privacy. Prevent Others From Tracking What You are Watching (lihat gambar 1)




Gambar 1: Permintaan untuk update Flash Player setiap kali mengakses Google, Facebook dan YouTube.


Tombol yang tersedia hanya dua: 'Install' dan 'Remind me later'. Asal tahu saja, tombol manapun yang dipilih akan mengakibatkan peramban Anda mengunduh program setup.exe yang jika dijalankan akan membuat komputer akan terinfeksi malware. G Data Antivirus mendeteksi malware ini sebagai Trojan.GenericKD.1602846.


Tidak Hanya Windows & Android


Hebatnya, hal ini tidak hanya terjadi pada OS Windows yang sering menjadi incaran malware. Peringatan ini juga muncul pada perangkat Android.


Tentunya ada sebagian orang yang langsung menebak, mungkin malware ini juga sudah memiliki varian di Android sehingga bisa menjalankan aksinya di sistem operasi Android. Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!