Menjajal Teknologi Canggih di 'Peti Kemas' IndiZone

Semarang - Sebuah peti kemas berwarna putih bertuliskan IndiZone disulap menjadi tempat pameran di depan gedung Telkom Semarang. Meski sempit, namun di dalamnya terdapat perangkat komputer canggih yang bisa dikendalikan tanpa disentuh.

Tempat tersebut merupakan ikon kreatifitas untuk pembelajaran dan unjuk kreasi bagi publik di Semarang. Di dalamnya terdapat gambar-gambar perangkat komputer mulai dari komputer pertama hingga terbaru.


Kemudian di sisi dinding sebelah kanan, terdapat piramida dari kaca berwarna hitam dan di dalamnya terdapat sebuah prosesor. Di atas prosesor terlihat pantulan hologram yang memperlihatkan video proses pembuatan prosesor dari Intel tersebut.


Benda paling keren yaitu televisi layar datar yang di atasnya ditempelkan kamera. Di sana pengunjung bisa memainkan game alat musik dengan cara mengarahkan tangan dari kejauhan ke arah gambar-gambar alat musik yang berada di layar. Tidak perlu menyentuh layar, para pengunjung cukup mengarahkan tangan dari jarak satu meter dari layar.


IndiZone tersebut diresmikan Kepala Telkom Semarang, Rijanto Utomo, Director, Sales Marketing Group, Intel Corporation, David L Baumgarten, Director WA Education Asia Pacific Japan Intel Corporation, Sam Al-Schamma, dan Sekda Kota Semarang, Adi Trihananto.


"IndiZone ini untuk mempraktekkan teknologi. Menghadirkan bentuk inovasi sebagai bagian dari zona kreartifitas. Dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh publik Semarang untuk mengenal teknologi dan unjuk kemampuan kaum muda di bidang musik," kata Kepala Telkom Semarang, Rijanto Utomo usai meresmikan IndiZone di halaman parkir gedung Telkom Semarang, Jalan Pahlawan, Selasa (18/3/2014).



Jika ingin melihat atau mencoba teknologi tersebut, Peti kemas IndiZone bisa dimasuki siapa saja gratis mulai 18 Maret hingga 26 April 2014 mulai pukul 15.00-22.00.


Selain meresmikan IndiZone, Telkom dan Intel juga memberikan pelatihan kepada 1.200 guru terkait implementasi pembelajaran abad 21 pada kurikulum 2013 dengan pemafaatan TIK.


Adapun sejumlah software pendidikan yang dipamerkan di dalam gedung Telkom Semarang. Software tersebut berisi materi-materi pelajaran seperti halnya matematika yang dikemas seperti sebuah game. (alg/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!