Jangan Diperbudak Gadget!

Jakarta - Gadget atau gawai (mengacu kamus besar Bahasa Indonesia/kbbi.web.id) adalah perangkat yang paling lekat dalam kehidupan kita sehari-hari, malah boleh jadi paling dekat bahkan dibandingkan anggota keluarga kita sendiri.

Salah satu bentuk kedekatan tersebut, mengacu berbagai data riset telematika yang dihimpun, adalah gadget berbasis sistem operasi Android.


Aktivasi sistem operasi Android pada gawai di seluruh dunia per Juli 2013 lalu mencapai 1,5 juta unit, atau naik ribuan persen dari aktivasi Agustus 2010 sebanyak 200.000 unit.


Situasi ini mendorong penguasaan pasar terus melonjak bahkan dominan, sebab lebih dari 80% masyarakat dunia menggunakan Android per kuartal III 2013.


Ini dahsyat, sebab sistem ini pertama kali dibuat tahun 2005 dan resmi dikomersialkan 22 Oktober 2008 namun sudah memimpin pasar tahun 2011 (simak tabel di bawah).


Tabel 1.1 Pangsa Pasar Ponsel Cerdas Global 2010-2013



Sumber: Gartner, 2011-2013


Namun bukan soal penguasaan pasar ini yang ingin ditekankan penulis dalam artikel. Akan tetapi, selain soal fenomena gawai yang makin intim dengan kehidupan kita semua, nyatanya terdapat berbagai implikasi (cenderung negatif) kepada kehidupan atas situasi meluasnya gadget ini.Next


(ash/ash)

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!