Cara Mengetahui Ukuran Bit File RAW

Jakarta - Bagaimana cara mengetahui file RAW itu 12 bit atau 14 bit? (kursiun)

Jawaban:


Bit depth adalah informasi jumlah warna yang ada di tiap pixel

(bagian terkecil yang menyusun gambar digital). Semakin besar angka bit depth maka semakin banyak informasi warna sehingga kualitas gambar semakin bagus.


Untuk file JPG, bit depthnya adalah 8. Pada umumnya, 8 bit depth sudah cukup baik untuk dilihat oleh mata manusia. Tapi untuk editing, semakin besar bit-depthnya, semakin fleksibel kita dalam mengedit foto tanpa mengurangi kualitas gambar itu sendiri.


Tidak mudah mengetahui asal file RAW dari 12 bit atau 14 bit karena setiap foto RAW yang dibuka di software biasanya diadaptasi menjadi 16 bit.


Cara praktisnya yaitu dengan memeriksa setting di menu kamera kita, apakah 12 atau 14 bit. Cara lainnya yaitu memeriksa ukuran filenya, jika lebih besar, berarti bitnya lebih besar juga. Sebenarnya dari 12 ke 14 bit sulit dibedakan kualitas gambarnya dengan mata manusia. Hanya jika kita mengolah foto secara ekstrim baru terlihat perbedaannya.


(jsn/ash)


http://us.images.detik.com/content/2013/02/22/1204/copyofenche-tjinbaru2.jpgEnche Tjin Enche Tjin mengenal fotografi sejak tahun 1998 saat menuntut ilmu di jurusan Desain Komunikasi Visual. Di tahun 2007, ia beralih ke fotografi digital. Enche aktif di dalam menulis buku, blog, artikel untuk media massa, dan menyelenggarakan kursus kilat serta tur fotografi. Enche juga menerima jasa fotografi terutama event dan portrait. Website: infofotografi.com , Twitter: @infofotografi.

Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!