DirectX 12 Diumumkan, Pengguna Kartu Grafis DirectX 11 Tak perlu Ganti

Jakarta - Generasi selanjutnya dari DirectX resmi diumumkan Microsoft pada event Game Developer Conference yang digelar di San Fransisco. Microsoft mengklaim Application Programming Interface (API) yang kini mengusung sebutan DirectX 12 ini lebih cepat dan efisien dibanding versi pendahulunya.

Bahkan berdasarkan kalkulasi yang diperoleh lewat 3dMark, Microsoft berani menyebut DirectX 12 mampu memberikan peningkatan hingga 50% dalam hal utilisasi (hardware) PC.


Dengan kata lain, pengembang game bakal semakin leluasa memanfaatkan seluruh inti prosesor dalam melakukan komputasi grafis.


Hasil yang paling mudah dirasakan oleh gamer sebagai end-user adalah peningkatan kualitas grafis yang signifikan dibanding DirectX 11.


Selain itu, dengan utilisasi (hardware) PC yang lebih efisien, spesifikasi yang dibutuhkan untuk memperoleh kualitas grafis terbaik pun tak harus super. Pun begitu untuk beberapa kebutuhan tetap dibutuhkan spesifikasi hardware yang monster.


Lantas bagaimana nasib hardware yang hanya mendukung DirectX 11? Microsoft mengatakan, kartu grafis DirectX 11 dipastikan mampu mendukung implementasi DirectX 12 secara penuh bersama seluruh fiturnya.


Namun yang paling diuntungkan adalah pengguna kartu grafis Radeon terbaru yang telah mengandalkan arsitektur Graphics Core Next. Seluruh kelebihan DirectX 12 akan berjalan optimal pada kartu grafis besutan AMD tersebut. Demikian seperti detikINET kutip dari Digital Trends, Jumat (21/3/2014).


(yud/ash)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!