Alcatel-Lucent Bangun Jaringan LTE di Taiwan

Taipei - Alcatel-Lucent dipilih oleh Asia Pacific Telecom (APT) untuk membangun jaringan overlay LTE yang akan menjadikan operator tersebut yang pertama di Taiwan yang menawarkan Voice over LTE (VoLTE).

CTO APT Tony Zee mengharapkan dengan menggelar VoLTE Pelanggannya tidak hanya akan mendapatkan layanan suara dengan kualitas terbaik, tetapi juga bisa mengakses data secara simultan dan tanpa hambatan sambil melakukan percakapan melalui perangkatnya.


“Jaringan LTE dan layanan VoLTE sangat selaras dengan visi APT yang memungkinkan pengalaman percakapan simultan melalui perangkat, webpage dan aplikasi apapun,” katanya dalam keterangan tertulis, Sabtu (22/3/2014).


Selain itu, lanjutnya, bekerja sama dengan APAC Innovation Center dan ng Connect Program Alcatel-Lucent yang baru saja didirikan di Taiwan, APT dapat belajar dari pengalaman operator terkemuka dunia dan menciptakan pengembangan lokal bersama untuk menghasilkan layanan-layanan baru seperti transportasi, layanan kesehatan cerdas dan LTE Connected Car.


Presiden dan Direktur Pelaksana Alcatel-Lucent Taiwan Ken Wu menjelaskan, Alcatel-Lucent dan APT telah melalui sejarah kerjasama yang panjang.


"Mengetahui jaringan APT dan rencana layanan menarik yang akan mereka tawarkan kepada pelanggan broadband selular telah memungkinkan kami berkolaborasi dalam proyek yang ekstensif ini sejak diumumkannya lelang 4G nasional pada bulan Februari 2013,” katanya.


Sekadar diketahui, Taiwan telah menjadi pemain signifikan di pasar ultra-broadband baik di akses selular maupun tetap dan diprediksi akan meraih USD 13,6 miliar di tahun 2018 melalui peluncuran LTE dan jaringan serat optik nasional.


Pelanggan LTE di Taiwan, khususnya diharapkan akan mencapai 14,8 juta di tahun 2018, mewakili 40,3 persen dari total jumlah pengguna perangkat selular di Taiwan.


Penggelaran awal jaringan LTE dan layanan VoLTE APT akan dimulai awal 2014, di wilayah Utara, Tengah dan Selatan Taiwan. APT menargetkan menyelesaikan penggelaran di akhir tahun ini.


Solusi end-to-end Alcatel-Lucent untuk APT akan mulai digelar di awal 2014 dengan peluncuran yang direncanakan dilaksanakan pada akhir tahun. Tahap pertama penggelaran akan meliputi Taiwan Utara, Tengah dan Selatan, dan akan difokuskan pada area metro. (rou/rou)


Berita ini juga dapat dibaca melalui m.detik.com dan aplikasi detikcom untuk BlackBerry, Android, iOS & Windows Phone. Install sekarang!