100 Ribu UKM Bisa Manfaatkan Contact Center

Jakarta - Contact center tak hanya untuk korporasi besar. Peluang bisnisnya justru lebih terbuka lebar di segmen usaha kecil menengah (UKM) yang sangat membutuhkan fasilitas kontak pelanggan agar layanan lebih maksimal.

Peluang ini pun coba digarap Telkom yang melihat ada potensi 100 ribu UKM bisa ikut bergabung dalam layanan STAR Contact Center. Layanan ini merupakan sebuah inovasi Telkom yang dikhususkan untuk pelaku bisnis UKM Indonesia.


Menurut Direktur Enterprise & Business Service Telkom Muhammad Awaluddin, STAR yang merupakan akronim dari Smart Solution, Trusted, Affordable and Reliable ini adalah bagian dari program Indonesia Digital Enterpreneur (Indiepreneur) yang telah diluncurkan sejak awal 2013 lalu.


Dijelaskannya, latar belakang hadirnya layanan baru ini karena Telkom menyadari salah satu kebutuhan pelaku bisnis UKM adalah penyediaan akses melayani maupun memberikan informasi kepada pelanggannya secara mudah dan murah dari sisi biaya.


“Salah satu saluran yang bisa dimanfaatkan adalah contact center. Kami juga tawarkan integrasi layanan ini dengan aplikasi BosToko agar para UKM lebih produktif,” jelasnya dalam keterangan di Jakarta, Selasa (8/7/2014).


Bisa online untuk semua toko atau BosToko adalah aplikasi Enterprise Resource Planning (ERP) berbasis cloud computing hasil kerjasama Telkom dengan PT Inforsys. Aplikasi ini bisa digunakan untuk mengelola dan memonitoring perkembangan bisnis dari UKM.


Sampai dengan saat ini, pelaku bisnis UKM yang sudah tertarik dan sudah meregistrasikan berlangganan layanan BosToko sejumlah hampir 9.000 Pelaku UKM di seluruh Indonesia. Angka ini masih jauh dari target yang ditetapkan yakni sekitar 20 ribu UKM.Next


(rou/rou)