Bos Facebook: Internet Sama Penting Seperti 911

Jakarta - Mark Zuckerberg melihat internet di masa sekarang adalah layanan vital yang harus tersedia bagi siapa saja di seluruh dunia. Demikian pentingnya, bos Facebook ini mengatakan internet harusnya sama seperti layanan panggilan darurat 911.

Wall Street Journal dalam sebuah catatan editorial menggambarkan visi Zuckerberg mengenai akses internet. Saat ini, baru sepertiga orang di dunia terkoneksi dengan internet.


Itu pun menurutnya, masih banyak ganjalan. Internet kerap terkendala dengan biaya akses yang masih mahal atau kurang dukungan infrastruktur yang memadai.


Facebook sendiri kian tumbuh pesat hingga menjadi raksasa jejaring sosial. Namun itu saja sepertinya tidak cukup. Facebook ingin menghubungkan seluruh dunia, bahkan kalau bisa menjadi layanan penyedia internet.


Bagaimana caranya? Dengan menggunakan beragam peralatan seperti di kisah fiksi ilmiah. Sebut saja pesawat tak berawak, satelit, hingga sinar laser yang saat ini sedang dalam pengembangan. Yang jelas, hasilnya nanti akan menjadi sebuah platform untuk menyajikan layanan Facebook di masa depan.


Zuckerberg seperti juga dilansir PC World, Rabu (9/7/2014) menyebutkan, 90% masalah populasi di dunia soal konektivitas bukanlah tidak memadainya jaringan, tetapi kurangnya layanan data yang terjangkau.


Maka, salah satu solusinya adalah menyediakan layanan internet dasar secara gratis yang akan mendukung lebih banyak orang bisa menikmati layanan data.Next


(rns/tyo)