Ribuan Karyawan Apple Pawai Dukung Kaum Gay

San Francisco - Sekitar 5.000 karyawan Apple baru-baru ini mendukung acara San Francisco Pride. San Francisco Pride adalah ajang tahunan parade orang lesbian, gay, biseksual, transgender dan para pendukungnya, yang diselenggarakan tiap akhir Juni di San Francisco, California.

CEO Apple, Tim Cook, pun ikut serta dengan para karyawannya itu. Mereka semua mengenakan kaos warna putih bertuliskan Pride sebagai bentuk dukungan.


"Selamat untuk 5.000 karyawan/keluarga Apple yang mengikuti parade Pride," tulis Tim Cook di Twitter, seperti dilansir DailyMail dan dikutip detikINET, Senin (7/7/2014).


Cook tidak ikut berjalan dalam parade, tapi ia sempat berfoto-foto bersama beberapa karyawan dan menyemangati mereka. Apple sendiri memang cukup getol mendukung persamaan hak kaum gay.


"Apple percaya bahwa kesetaraan dan keragaman membuat kita lebih kuat, dan kami bangga mendukung para karyawan kami serta teman dan keluarga mereka ikut dalam perayaan ini," kata juru bicara Apple, Michaela Wilkinson.


Karyawan perusahaan teknologi besar lain yang berbasis di San Francisco juga turut serta dalam parade tersebut, meski tidak sebanyak yang dikerahkan Apple. Terlihat ratusan pegawai Facebook dan Google turut serta dalam pawai.


Tim Cook sendiri diisukan sebagai gay meskipun ia tidak pernah mengatakannya secara terang-terangan. Tapi yang dapat dipastikan adalah dia pendukung besar persamaan hak-hak mereka.


"Sejak awal, saya telah melihat dan mengalami banyak tipe diskriminasi dan semuanya berakar dari ketakutan terhadap orang-orang yang berbeda dari kalangan mayoritas," sebut Cook suatu ketika.

(fyk/ash)