Tambah Pelanggan Postpaid, Indosat Bagikan Smartphone Gratis

Jakarta - Kebalikan dengan di luar negeri, pelanggan prepaid di Indonesia jauh lebih besar ketimbang postpaid atau pasca bayar. Hal ini yang coba didorong oleh Indosat, agar pelanggan postpaid bisa lebih tinggi.

Salah satu yang dilakukan adalah dengan melakukan program memberikan smartphone gratis dengan kontrak layanan data dalam jangka waktu tertentu. Ini sebenarnya sudah lumrah di kalangan pengguna di luar negeri.


Adalah Matrix Super Plan, yang merupakan program paket postpaid Indosat yang memberikan gratis smartphone atau sejumlah uang muka dengan cicilan, dikamuflasekan dalam bentuk tagihan saldo bulanan.


Saldo bulanan sendiri bisa digunakan untuk pemakaian data, SMS dan telephone. Bentuknya pun beragam, mulai dari Rp 100 ribu hingga Rp 1,2 jutaan.


"Ini program trial agar mendorong pelanggan menggunakan postpaid. Memang juga sebagai salah satu antisipasi prepaid regristrasi ulang yang akan segera dilakukan. Jadi targetnya ga muluk-muluk," ujar Presiden Direktur dan CEO Indosat Alexander Rusli, di Jakarta.


Program yang diklaim pertama di Indonesia ini, memang masih mengandalkan pihak bank sebagai mitra pembayaran utama. Namun, Alex mengatakan operator juga memberikan subsidi alias blended.


Saat ditanya mengenai jumlah pelanggan postpaid Indosat, Alex tidak membeberkannya secara lebih gamblang.


"Secara keseluruhan seluler di Indonesia 99% merupakan pelanggan prepaid, sisanya postpaid. Nah, Indosat tidak jauh berbeda dengan kondisi pasar," jelasnya diplomatis.


"Intinya gini. Pemerintah kan sangat concern soal prepaid regristration. Sehingga kenapa tidak sekalian saja dorong ke postpaid. Selain lebih stabil kan juga terdaftar secara valid," tandasnya.


(tyo/rns)