Ini Pembelaan BlackBerry Soal Layar Kotak Passport

Jakarta - CEO BlackBerry John Chen beberapa waktu lalu memamerkan perangkat BlackBerry terbaru yang bernama Passport. Handset ini berbentuk unik dan mungkin dianggap nyeleneh bagi sebagian orang.

Passport mempunyai layar persegi dan dilengkapi dengan tiga baris keyboard fisik. Layar berbentuk persegi inilah yang mungkin terlihat janggal untuk beberapa orang.


Untuk menjelaskan hal tersebut, BlackBerry sengaja memuat sebuah posting dalam blog perusahaan asal Kanada itu.


Dalam blog tersebut dijelaskan bahwa layar berbentuk persegi mungkin sudah menjadi hal umum di hampir semua smartphone, dan diklaim akan baik-baik saja untuk mengkonsumsi media dan berkomunikasi.


Namun menurut BlackBerry, hal itu membatasi inovasi dalam desain smartphone. Sedangkan Passport, yang layar perseginya berukuran 4,5 inch, diklaim BlackBerry mempunyai lebar layar yang setara dengan perangkat berlayar 5 inch.


Berdasarkan tipologi akademik, jumlah karakter optimal yang ada dalam satu baris di sebuah buku adalah 66 karakter. Sebagian besar smartphone hanya menampung 40 karakter, dan BlackBerry Passport mampu menampung 60 karakter.


Inilah yang membuat BlackBerry mengklaim bahwa Passport akan ideal untuk membaca ebook, browsing, dan membaca dokumen. Penggunanya tak perlu banyak melakukan scrolling saat membaca dokumen.


(ash/ash)