Nokia Lumia Pakai Android? Bisa Saja!

Jakarta - Microsoft Device -- yang dahulu bernama Nokia -- memang sudah membuka diri untuk sistem operasi Android. Tapi kabarnya, Nokia tidak hanya berhenti bermain-main dengan Nokia X.

Seperti diketahui, Nokia X adalah handset Microsoft Device yang menggunakan sistem operasi Nokia X yang berjalan di atas OS Android, walaupun bukan Android seutuhnya.


Nah, kabar lain datang dari perusahaan itu. Menurut kicauan @evleaks, dia mendapatkan informasi kalau Lumia pun akan menjadi handset selanjutnya yang dibenamkan dengan Android.


Selama ini memang Nokia Lumia lebih dikenal sebagai ponsel cerdas milik Microsoft yang dipersenjatai dengan OS Windows Phone. Dan sejauh ini berjalan cukup baik, walaupun belum maksimal untuk mengejar iOS dan Android.


Akan tetapi sayangnya, belum ada kabar lanjutan yang diungkapkan oleh @evleaks mengenai Nokia Lumia berbasis Android itu. Walaupun memang ada wacana Lumia Windows Phone dapat juga diinstal aplikasi Android. Demikian yang detikINET kutip dari Neowin, Senin (7/7/2014).


Sebelumnya juga, Microsoft menyadari jika kualitas kamera di ponsel adalah nilai jual yang melekat pada ponsel Nokia. Kamera di seri Nokia Android generasi berikutnya diperkirakan akan ditingkatkan.


Spekulasi ini muncul dari lowongan pekerjaan yang diposting Nokia. Pada deskripsi lowongan pekerjaan itu tertulis bahwa Nokia mencari kandidat yang berpengalaman dengan desain kamera driver.


Yang menarik, salah satu dari keahlian yang diminta yakni sudah pernah punya pengalaman pengembangan aplikasi untuk Android sebelumnya. Pada waktu bersamaan, Microsoft juga mencari seseorang yang bisa membuat aplikasi antar platform.


"Orang yang kami cari akan diberi tanggung jawab mendesain dan mengimplementasikan kamera driver untuk solusi kamera berbeda di berbagai platform," demikian penggalan bunyi iklan lowongan tersebut.


Berdasarkan informasi tersebut, sejumlah pengamat menilai Microsoft sedang mencari seseorang untuk mengembangkan solusi kamera. Mungkin saja jika solusi kamera ini nantinya digunakan di lini Nokia Android maupun Windows Phone. (tyo/ash)