'Pengguna Xiaomi Lebih Produktif Dibanding iPhone'

Jakarta - Pengguna iPhone biasanya lebih banyak menghabiskan waktunya untuk menggunakan aplikasi dibanding dengan pengguna Android. Namun belakangan, Xiaomi berhasil menyalip iPhone dalam hal durasi penggunaan aplikasi di smartphone.

Itu adalah hasil riset selama enam tahun belakangan yang dilakukan oleh Flurry, perusahaan penyedia jasa analitik. Penelitiannya yang terbaru itu mengambil survei 23 ribu perangkat pengguna smartphone yang ada di Tiongkok selama Januari 2014.


Disebutkan, rata-rata pengguna Xiaomi menghabiskan waktu di dalam aplikasi 7% lebih lama dibanding pengguna iPhone. Sedangkan waktu yang dihabiskan di aplikasi oleh rata-rata pengguna Samsung 14% lebih sebentar dibanding pengguna iPhone, dan pengguna HTC 27% lebih sebentar dibanding iPhone.


"Ini adalah pertama kalinya kami melihat smartphone Android bisa menyamai, bahkan menyalip perolehan iPhone," Ujar Flurry dalam pernyataannya di dalam sebuah posting blog.


Flurry juga menyatakan bahwa sebagian besar pengguna Xiaomi menggunakan smartphonenya untuk menggunakan aplikasi media dan hiburan.


Seperti detikINET kutip dari The Next Web, Jumat (11/7/2014), rata-rata pengguna Xiaomi menghabiskan waktu 62% lebih lama di aplikasi semacam itu dibanding dengan pengguna smartphone merk lain.


Tapi anehnya, rata-rata pengguna Xiaomi malah lebih sedikit menghabiskan waktunya di aplikasi game dan messaging. Mereka malah lebih banyak menghabiskan waktu untuk membuka aplikasi produktivitas.


Ini sesuai dengan data yang menunjukkan bahwa pengguna Xiaomi di Tiongkok biasanya adalah pebisnis muda, dengan tingkat pendidikan sarjana atau lebih tinggi.


(rou/rou)