Apple Bangun Pembangkit Listrik Seluas 100 Hektar

Jakarta - Apple baru saja mengumumkan pembelian tanah seluas 100 hektar. Rencananya, perusahaan berlogo apel groak itu akan membangun lokasi pembangkit listrik tenaga solar.

Pembangkit listrik solar ini kemungkinan akan difungsikan sebagai sumber daya bagi data center Apple. Diharapkan dari pembakit itu, bisa menghasilkan kapasitas listrik mencapai 17,5 megawat.


Untuk membangun pembangkit listrik tenaga solar itu, Apple diperkirakan bakal menelan biaya pembangunan sekitar USD 55 juta.


Ini bukanlah pembangkit listrik solar pertama yang akan dimiliki Apple, pembesut iPhone ini sebelumnya telah memiliki 2 pembangkit listrik solar lain. keduanya pun sepenuhnya digunakan untuk mensokong energi di data center miliknya.


Seperti dilansir Ubergizmo, Selasa (8/7/2014), Apple mengatakan pembangkit listrik solarnya juga akan bermanfaat bagi kota North Carolina, AS, dimana lahan bernilai USD 1,4 juta tersebut berada.


Karena selain menciptakan 75 lapangan pekerjaan baru, pemerintah kota juga bisa memanfaatkannya sebagai tujuan wisata atau untuk membantu proyek publik.


(yud/tyo)