iPhone 6 Bisa Jadi 'Dokter Pribadi' Penggunanya?

Jakarta - Peluncuran iPhone 6 diperkirakan tak akan lama lagi, sekitar pertengahan bulan September 2014. Semakin dekat dengan tanggal peluncurannya, makin banyak pula rumor serta bocoran mengenai spesifikasi ponsel itu.

Sebelumnya, GeekBar mengatakan bahwa iPhone 6 akan mempunyai RAM sebesar 1 GB, dan ada varian dengan storage sebesar 128 GB. Kini muncul rumor bahwa ponsel tersebut akan mempunyai co-processor anyar, berkode phosphorus, yang akan berjalan beriringan dengan prosesor A8.


Phosphorus dikabarkan bisa mengumpulkan lebih banyak informasi kesehatan dibanding co-processor pendahulunya. Phosphorus bisa merekam data dari dari bermacam wearables, dan juga dari sensor yang terintegrasi di iPhone 6.


Seperti yang disitat detikINET dari GSM Arena, Selasa (26/8/2014), informasi-informasi seperti detak jantung, tingkat kolesterol, kadar gula darah, serta kalori itu akan dikumpulkan ke dalam layanan Apple Healthkit.


Sebelum Phosphorus, Apple menggunakan co-processor M7 di iPhone 5S, iPad Air, dan iPad Mini Retina. Fungsi dari co-processor M7 adalah mengumpulkan data-data gerakan dari akselerometer, gyroscope, dan kompas.


M7 akan tetap bekerja meski perangkatnya ada dalam mode sleep. Dengan terbaginya beban prosesor itu, maka daya yang dikonsumsi pun akan lebih irit.


(asj/ash)