LG Ungkap G3 Stylus, Spek di Luar Perkiraan

Jakarta - LG beberapa kali diisukan akan merilis perangkat pesaing Galaxy Note 4, yaitu phablet yang dilengkapi dengan stylus. Perangkat yang diberi nama G3 Stylus itu pun diumumkan kehadirannya oleh LG.

Hanya saja spesifikasi perangkat ini ternyata di luar ekspektasi. Seperti dikutip detikINET dari Ubergizmo, Selasa (26/8/2014), meski mengusung nama besar G3, ternyata spek G3 Stylus tak semewah perangkat flagship-nya itu.


Perbedaan spek paling kentara antara kedua perangkat itu ada di resolusi layar. Jika layar 5,5 inch G3 mempunyai resolusi QHD (2560 x 1440 pixel), layar G3 Stylus -- berukuran sama -- hanya beresolusi qHD (960x540 pixel).


RAM-nya pun hanya 1 GB, dengan storage internal 8 GB yang bisa diekspansi menggunakan microSD. Prosesor quad core-nya pun hanya berkecepatan 1,3 GHz, hanya setengah dari kecepatan prosesor G3.


Kameranya masing-masing beresolusi 13 dan 1,3 megapixel untuk kamera belakang dan depan. Baterai 3.000 mAh-nya bisa dilepas, dan hadir dengan OS Android 4.4.2 KitKat. G3 Stylus pun hanya mengusung konektivitas 3G, bukan LTE.


Namun LG tetap akan membenamkan fitur dari G3 ke G3 Stylus, seperti QuickMemo+, Dual Window, Smart Keyboard, Gesture Shot, ataupun Knock Code.


Dengan spek demikian, rasanya G3 Stylus dan Galaxy Note 4 tidak akan bertarung di arena yang sama, meski sama-sama masuk kategori phablet. Sebab dari segi jeroan, perangkat milik Samsung jauh lebih superior.


Tetapi memang, harga G3 Stylus seharusnya bisa lebih murah dibanding seri Galaxy Note. Namun untuk kepastian harga dan ketersediaannya, kita harus menunggu pengumuman LG di IFA 2014 yang akan digelar mulai tanggal 4 September 2014.


(asj/ash)