Intel Umbar Cara Cepat untuk Meracik Tablet

San Francisco - Biasanya produsen akan meracik sendiri tablet garapannya dengan caranya masing-masing, dengan tujuan meraih harga-performa yang terbaik. Namun Intel ingin memudahkan hal tersebut setelah merilis reference design bagi pembuat tablet.

Melihat animo penggunaan PC dan notebook PC yang cenderung menurun, belakangan ini Intel memang memasukkan tablet dalam kategori PC dengan menyebutnya tablet PC. Mengandalkan hal itu, Intel pun lantas mengklaim segmen PC terus meningkat berdasar penjualan PC yang memang positif.


Intel reference design adalah upaya intel yang ingin makin menggenjot penjualan tablet PC, terutama bagi produsen yang mengandalkan chip garapan Intel di balik perangkat tabletnya. Keuntungan reference design yang dirilis Intel adalah dapat membantu produsen untuk membuat tablet dengan kualitas tinggi.


Menariknya, tak sekadar dari sektor hardware, Intel reference design juga campur tangan di sisi software yang dalam hal ini adalah Android.


Intel akan membantu agar bila ada update terbaru Android yang ditujukan untuk tablet, bisa lebih cepat sampai ke tangan produsen yang menggunakan Intel reference design.


Untuk memungkinkan hal itu Intel telah menyediakan software engineering work, akses efisien ke Google Mobile Services, serta dukungan lain untuk update dan upgrade yang akan dirilis Adroid ke depannya.


“Dengan menggunakan Intel reference design, kami (Intel-red) menjanjikan produsen tablet akan langsung dapat merasakan update terbaru Android hanya dalam selang waktu dua minggu semenjak waktu rilisnya,” umbar Doug Fisher, Intel VP, di acara Intel Developer Forum 2014 yang digelar di San Fransisco, Amerika Serikat.


Berbekal Intel reference design, Fisher juga menjanjikan sebuah tablet akan memiliki performa yang lebih baik, namun dengan harga yang tak menguras kantong.


(yud/ash)