Perang Bintang: iPhone 6 Plus vs Galaxy Note 4

Jakarta - Dua smartphone papan atas muncul berbarengan di bulan September, Galaxy Note 4 dan iPhone 6. Keduanya sepertinya akan banyak dibandingkan, karena Samsung dan Apple selaku produsennya punya sejarah persaingan panas.

Apple akhirnya mengikuti jejak beberapa produsen Android seperti Samsung, yakni mengusung layar lebih besar di iPhone 6. iPhone 6 Plus yang layarnya 5,5 inch, berpotensi head to head dengan Note 4 yang layarnya 5,7 inch.


Seperti apa perbandingan singkat antara iPhone 6 Plus dan Galaxy Note 4? Simak berikut ini yang dihimpun dari berbagai sumber.


1. Layar


iPhone 6 Plus mengusung layar seluas 5,5 inch resolusi Retina HD 1.920 x 1080 pixel. Sedangan Note 4 sedikit lebih luas dengan ukuran 5,7 inch. Resolusinya juga lebih tinggi karena Samsung membenamkan teknologi Quad HD 2.560 x 1.440.


Di iPhone 6, Apple memakai layar teknologi IPS LCD. Sedangkan Samsung seperti biasa mengandalkan teknologi Super Amoled yang dijagokannya selama ini.


Super Amoled dinilai lebih baik soal black level dan kontras, yang berarti Note 4 seharusnya lebih bagus dibanding iPhone 6 di ruangan yang gelap. Dan di atas kertas dengan resolusi lebih baik, seharusnya Note 4 mengungguli iPhone 6.


Tapi tentu dibutuhkan pengujian mendalam untuk membuktikan siapa sebenarnya lebih unggul. Satu lagi yang berpotensi jadi keunggulan Note 4 adalah adanya pilihan Note Edge, model yang lain dengan tambahan layar melengkung untuk menampilkan notifikasi.Next


(fyk/ash)