Mengorek Jeroan iPhone 6: Quad Core atau Dual Core?

Jakarta - iPhone 6 diklaim jauh lebih bertenaga dengan kehadiran prosesor A8. Suksesor dari A7 ini nyatanya tak diungkap secara transparan oleh Apple, seperti apa spesifikasi di dalamnya.

Memang, selama ini Apple tak seperti vendor lain yang mengumbar organ dalam produk baru yang diluncurkannya. Semakin tinggi spesifikasinya, semakin dianggap gahar smartphone miliknya.


Berbeda dengan iPhone, Apple hanya menyebut tipe tanpa ada embel-embel besaran RAM atau seberapa tinggi prosesornya. Intinya, selama ini Apple menyimpan rapat isi dapur pacu perangkat jagoannya.


Seperti yang didapatkan oleh 'pengguna' asal China yang mengklaim mendapatkan lebih jelas spesifikasi dari prosesor A8 ini. Dia melakukan pengujian menggunakan Geekbench.


Seperti dikutip detikINET dari Apple Insider, Jumat (12/9/2014), prosesor A8 ini berlari dengan kecepatan 1,4 GHz dual core. Adapun RAM iPhone 6 disebutkan cuma 1 GB.


Bila merunut ke belakang, artinya tidak ada perubahan yang berarti dibandingkan prosesor A7 di iPhone 5S. Karena chipset itu mempunyai dapur pacu 1,3 Ghz dual core serta RAM 1 GB.


Informasi ini tentu saja tak bisa ditelan mentah-mentah. Kendati dari sisi spesifikasi tak banyak berubah, namun tentu saja ada beberapa fitur atau teknologi yang membuatnya berbeda.Next


(tyo/ash)