Kalah dari Raja Lokal, iPhone 6 Datang Belakangan di Korsel

Jakarta - Amerika Serikat, Australia, Hong Kong, Jepang dan Singapura adalah beberapa negara pertama yang disambangi oleh iPhone 6 serta iPhone 6 Plus. Beberapa fans iPhone di New York, London, Tokyo sampai dengan Sydney sudah mulai mengantre untuk membeli iPhone 6 dan iPhone 6 Plus.

Namun Apple fanboy yang tinggal di Korea Selatan harus gigit jari, karena negara berpopulasi 50 juta jiwa itu untuk kesekian kalinya tidak menjadi prioritas Apple dalam menjual perangkatnya.


Seperti dilansir Wall Street Journal, pada tahun 2012, perusahan asal Cupertino itu malah memasukkan Hongkong dan Singapura ke dalam daftar negara yang pertama kebagian iPhone.


Seorang analis mengatakan bahwa itu terjadi karena Korea Selatan mempunyai regulasi yang lebih ketat dibanding negara Asia lainnya. Selain itu loyalitas penduduk Korea Selatan terhadap merek lokal seperti Samsung dan LG yang tinggi.


Selama ini penjualan ponsel di Korea Selatan dikuasai oleh vendor lokal. Tak tanggung-tanggung, angka penjualan ponsel lokal di Korea Selatan mencapai 92%. Dari angka itu, Samsung berada di puncak dengan 63%, diikuti oleh LG dan Pantech dengan 22% dan 7%.


Berbeda dengan Jepang, di mana iPhone menjadi salah satu ponsel yang paling diminati. Apple bersaing ketat dengan Samsung yang berada di peringkat kedua, dan Sony yang menjadi merk ponsel paling laris di Negeri Sakura itu.


(asj/ash)