Intel Siap Geber Prosesor 10 nm

San Francisco - Setelah belum lama merilis prosesor terbarunya yang telah mengandalkan proses pabrikasi 14 nm yakni Core M, raksasa chip ini masih belum akan berhenti berinovasi. Di gelaran Intel Developer Forum (IDF) 2014, petinggi Intel menyatakan siap menggeber prosesor 10 nm.

Hal itu disampaikannya sesaat setelah mengumumkan Skylake, prosesor lanjutan dari Core M ‘Broadwell’ yang dirancang untuk kebutuhkan komputasi yang lebih tinggi, terutama untuk penggunaan di PC maupun notebook PC.


Namun meski Intel telah menyiapkan Core M untuk mempersenjatai perangkat mobile seperti 2-in-1 dan tablet-notebook, Skylake disebutkan juga bakal hadir untuk platform hemat daya tersebut.


Mengenai prosesor dengan proses pabrikasi 10 nm yang digemborkan oleh salah satu petinggi Intel yakni Kirk Skaugen, sayangnya masih sangat minim informasi. Pria yang menjabat Senior VP Intel itu baru sebatas membeberkan rencana pengembangannya, belum ada time frame apalagi waktu kemunculannya.


Pun begitu, tak menutup kemungkinan rumor-rumor mengenai prosesor 10 nm yang juga belum diketahui sandi pastinya ini, sudah akan mulai beredar pada awal tahun 2015 mendatang. Yang mana hal tesebut juga berujung pada spekulasi kemunculannya yang bisa jadi akan terungkap pada acara Intel Developer Forum (IDF) tahun depan.


“(Prosesor 10nm), tunggu saja!,” ujar Skaugen di acara IDF 2014 yang digelar di Moscone West, San Fransisco, Amerika Serikat.


Selain efisiensi daya yang lebih baik, hampir dipastikan prosesor 10 nm Intel nantinya juga memiliki performa yang semakin tinggi. Namun masih jauh dari kejelasan sejauh apa peningkatan performa yang bakal disodorkannya.


(yud/fyk)