Rakuten Beli Situs Belanja Ebates Rp 11,7 Triliun

Jakarta - Rakuten baru saja mengakuisisi Ebates Inc, penyedia situs web belanja cash-back terbesar di Amerika Utara, dengan mahar senilai USD 1 miliar atau sekitar Rp 11,76 triliun yang dibayar dalam bentuk tunai.

Dengan kepemilikan 100% saham voting outstanding, Rakuten percaya bahwa penggabungan dari dua perusahaan e-commerce ini akan menciptakan pasar yang menarik dan inovatif di dunia berbasis keanggotaan dan loyalitas konsumen.


"Kombinasi unik Rakuten dan Ebates akan ikut merevolusi e-commerce," kata Founder & CEO Rakuten Inc, Hiroshi Mikitani dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (10/9/2014).


Rakuten yang mengusung model bisnis business to business to consumer (B2B2C) juga menawarkan salah satu program loyalitas yang cukup sukses dengan Rakuten super Poin.


Sementara, Ebates adalah pelopor dan pemimpin dalam belanja online cash back, yang memberikan imbalan ribuan kupon, diskon, promosi dan penawaran khusus, termasuk pengiriman gratis melalui 2.600 retailer.


Sepanjang 2013 lalu, transaksi pembelanjaan melalui Ebates tercatat telah mencapai USD 2,2 miliar. Lebih besar dari nilai akuisisi yang disodorkan Rakuten.


"Bergabung dengan Rakuten akan membantu mempercepat pertumbuhan ekonomi AS dan internasional dan memberikan pengalaman belanja yang lebih dalam dan lebih kaya lagi untuk member kami," kata CEO Ebates, Kevin Johnson, menambahkan.


(rou/ash)