Kekecewaan Terbesar di iPhone 6

Jakarta - Apple akhirnya benar-benar memperkenalkan dua model iPhone 6, versi layar 4,7 inch dan versi 5,5 inch yang disebut iPhone 6 Plus. Dibekali spesifikasi lebih baik dan beberapa fitur anyar, tetap saja beberapa hal tidak sesuai ekspektasi. Apa saja? Berikut di antaranya yang dihimpun dari berbagai sumber.

1. Tidak Ada Layar Safir


Barangkali disertakannya layar safir di iPhone 6 adalah rumor yang paling kencang beredar sejak awal. Layar safir disebut tahan 'siksaan', bahkan goresan benda tajam seperti pisau pun konon tidak berpengaruh.


Spekulasi dipakainya layar safir di iPhone terbaru muncul karena pada November tahun lalu, Apple dan perusahaan bernama GT Advanced Technology sepakat melakukan kerjasama kontrak lima tahun senilai USD 578 juta untuk produksi kaca safir.


Pada sebuah sketsa paten Apple yang sempat bocor, dijelaskan deksripsi bahwa bagian layar gadget Apple nantinya berbalut kaca safir. Paten ini disebut dengan 'Attachment Techniques'. Paten tersebut menjelaskan tingkat kesulitan memasang safir ke bahan lain.


Tapi apa daya semua spekulasi itu mentah, iPhone 6 kenyataannya tidak memakai material safir di layar melainkan teknologi yang disebut ion strenghened -- yang diklaim juga kuat. Tapi tetap saja sepertinya tidak semenarik layar safir yang sudah didengung-dengungkan.


2. Desain Tak Jauh BedaNext


(fyk/ash)