Galaxy Alpha Pilih Intel Ketimbang Qualcomm

San Francisco - Kebanyakan ponsel 4G LTE, pasti ada chip garapan Qualcomm di dalamnya. Namun hal itu nyatanya tak berlaku bagi Galaxy Alpha yang belum lama diluncurkan Samsung. Ponsel ini ternyata lebih memilih Intel sebagai jeroannya.

Galaxy Alpha diketahui mengandalkan prosesor besutan Samsung sendiri yakni Exynos 5430 yang berteknologi octa core. Sayangnya prosesor itu belum mendukung teknologi 4G LTE di dalamnya. Nah, untuk menambal kebutuhan tersebut, Samsung ternyata memilih chip Intel untuk dikombinasikan dengan prosesor garapannya.


Adalah chip modem dengan tipe XMM 720 yang dibenamkan Samsung pada Galaxy Alpha demi mendukung 4G LTE. Tak sekadar LTE, chip ini telah menyodorkan dukungan terhadap LTE-A Cat 6 yang lebih cepat. Intel pun mengklaim XMM 720 sanggup mentransfer data hingga kecepatan 300 Mbps.


“Chip LTE-A XMM 720 sudah mendukung penggunaan di banyak negara yang telah mendukung teknologi termutakhir 4G tersebut. Selain Samsung, sejumlah produsen besar lainnya juga telah memastikan ketertarikannya dengan chip LTE-A Cat 6 kami untuk produknya,” ujar Doug Fisher, Intel VP di San Fransisco, Amerika Serikat.


Dengan hadirnya XMM 720, artinya Snapdragon 805 yang lebih dulu menawarkan dukungan terhadap LTE-A Cat 6 tak akan lagi melenggang sendirian.


Bahkan bisa jadi chip LTE-A Cat 6 cukup mengancam, mengingat vendor tak harus memboyongnya sepaket dengan prosesornya sekalian seperti halnya pada Snapdragon 805 yang membuatnya jadi cukup mahal.


Pun demikian, dapat diakui Snapdragon 805 masih unggul pada coverage LTE-A yang lebih luas di banyak negara. Sementara XMM 720 mungkin baru mendukung penggunaannya di beberapa negara.


(yud/ash)