Kim Dotcom Ngaku Bangkrut

Jakarta - Kim Dotcom selama ini dikenal sebagai pemilik situs Megaupload yang kaya raya. Tapi itu dulu. Karena kini, Kim mengaku bahwa dirinya telah kehabisan uang alias bangkrut.

Pemilik nama asli Kim Schmitz tersebut mengaku bahwa ia telah menghabiskan uang lebih dari USD 10 juta untuk biaya hukum akibat ulahnya menyediakan konten bajakan di Megaupload.


Kim sendiri ditangkap di tahun 2012 dan kasusnya telah bergulir hampir 3 tahun lamanya. Dia menjelaskan, dalam waktu singkat akibat upaya hukum dia menghabiskan banyak uang.


"Tim hukum saya mengundurkan diri setelah saya kehabisan uang," kata Dotcom, yang detikINET kutip dari Business Insider, Senin (1/12/2014).


"Aku menghabiskan USD10 juta untuk membela diri. Mereka telah menguras seluruh sumber daya saya," tambahnya mencurahkan isi hatinya.


Kim ditangkap pada tahun 2012 setelah serangan polisi dramatis pada rumahnya yang bernilai USD24 juta di Selandia Baru. Pemerintah Selandia Baru telah bekerja sama dengan lembaga penegak hak cipta di Amerika Serikat untuk menangkap dan mematikan Megaupload.


"Saya menjadi sasaran empuk karena gaya hidup flamboyan saya. Sulit untuk untuk low profile di kala saya punya kendaraan dengan plat 'God' dan 'Stoned'. Dan ya saya orang Jerman, dan Hollywood mencintai musuh Bond (James Bond) dari Jerman," sindirnya.


Ini semakin melengkapi deritanya. Karena sebelumnya, setelah diringkus polisi, semua aset kekayaan pendiri Megaupload, Kim Dotcom disita.


Walaupun memang beberapa kendaraan pribadinya seperti mobile mewah Rolls Royce dan Cadillac bisa diambil kembali oleh pria tambun ini.


(tyo/ash)