Berkat YouTube, Gelandangan nan Dermawan Ini Mendunia

Jakarta - Thomas, seorang gelandangan di Amerika Serikat, bak mendapat durian runtuh setelah video tentang dirinya diposting ke YouTube. Karena video tersebut, ia setidaknya akan mendapatkan uang sebanyak USD 10 ribu atau sekitar Rp 120 juta (USD 1 = Rp 12.000).

Semua itu bermula ketika Josh Paler Lin, seorang selebriti YouTube, merasa penasaran tentang apa yang bakal terjadi jika ia memberikan uang sebanyak USD 100 kepada seorang tunawisma.


Ia pun memberikan uang tersebut ke Thomas, dan mulai memvideokan kegiatan Thomas setelah ia menerima uang tersebut.


Apa yang terjadi? Ternyata Thomas membeli banyak makanan dan membagikannya ke gelandangan lain yang tak ia kenal. Lin tersentuh atas kebaikan Thomas dan ia pun ingin memberikan tambahan USD 100, namun Thomas menolaknya.


Setelah diposting, video itu menjadi viral dengan sangat cepat. Sehari setelah diposting, penontonnya sudah mendekati angka 2 juta. Dan banyak di antara penontonnya itu juga tersentuh oleh kebaikan Thomas.


Mereka meminta Lin untuk memulai sebuah kampanye crowdsourcing di Indiegogo, agar bisa menyumbang untuk Thomas. Lin akhirnya memulai kampanye tersebut dan mematok target sebanyak USD 10 ribu.


Namun ketika detikINET mengunjungi laman tersebut pada Rabu (24/12/2014), jumlah uang yang terkumpul sudah mencapai USD 41 ribu atau sekitar Rp 511 juta. Padahal kampanye itu masih dibuka sampai 29 hari ke depan.Next


(asj/ash)