Ini Spesifikasi Ponsel Murah Samsung Tizen

Jakarta - Samsung menantang Xiaomi dengan smartphone murah berbasis sistem operasi Tizen. Bernama Samsung Z1, berikut adalah spesifikasi yang mungkin digunakan oleh piranti ini.

Mengusung kode nama Kiran, Samsung Tizen Z1 ini boleh dikatakan menggunakan beberapa organ dalam yang tak terlalu mewah. Seperti layar yang masih 4 inch dengan resolusi WVGA.


Sementara soal jeroan, ada prosesor Spreadtrum SC77272 dual core 1,2 Ghz, GPU ARM Mali-400, dan RAM 512 MB. Demikian yang dikutip detikINET dari Sammobile, Selasa (22/12/2014).


Fitur lainnya adalah, kamera primer 3.2 megapixel sementara sekunder hanya VGA. Termasuk dukungan slot dual SIM yang mampu berjalan di jaringan konektifitas 3G.


Soal harga, menurut informasi yang beredar, akan dibanderol sebesar USD 100 atau Rp 1 jutaan.


Smartphone Tizen harga terjangkau itu kabarnya segera dirilis pertama kali di India, tepatnya pada Januari mendatang. Tizen sendiri adalah sistem operasi mobile yang dikembangkan Samsung.


India memang menjadi salah satu pasar terpenting Samsung, di mana pasar smartphone setempat adalah terbesar ketiga di dunia setelah Amerika Serikat dan China. Tapi produsen ponsel lokal dan asal China mulai menggembosi hegemoni Samsung di sana.


Tizen sendiri awalnya dianggap sebagai OS yang menjanjikan untuk mengurangi ketergantungan Samsung pada Android. Tapi peluncuran ponsel Tizen terus saja ditunda karena ekosistemnya dinilai belum matang.


(tyo/ash)