Langkah-langkah yang akan ditempuh Indosat ini antara lain melalui peningkatan kapasitas jaringan dan juga optimalisasi jaringan pada wilayah-wilayah dengan trafik padat saat Natal, Tahun Baru dan libur akhir tahun.
“Menghadapi masa Natal 2014 dan Tahun Baru 2015, serta liburan akhir tahun ini, Indosat telah menyiapkan kapasitas layanan yang disesuaikan dengan perkiraan kenaikan trafik yang akan terjadi di masa-masa tersebut," ujar Adrian Prasanto, Division Head Public Relation Indosat dalam keterangan yang diterima detikINET, Sabtu (27/12/2014).
Mengantisipasi kenaikan trafik selama Natal 2013, Tahun Baru 2014 dan libur akhir tahun ini, Indosat meningkatkan kapasitas seluruh layanan telekomunikasinya baik suara, sms, maupun data.
Untuk kapasitas trafik suara menjadi 2.340 juta menit/hari atau 39 juta erlang/hari, untuk SMS kapasitas ditingkatkan menjadi 1,285 milyar SMS/hari, sementara untuk data, Indosat meningkatkan kapasitas menjadi 1075 Terabyte/hari.
Peningkatan ini didasarkan pada peningkatan trafik telekomunikasi di masa-masa Natal dan Tahun Baru pada tahun-tahun sebelumnya.
"Pada hari Natal, 25 Desember 2014 kemarin, trafik suara nasional mengalami peningkatan sebesar 5,13%, trafik data naik 40,89%, dan trafik SMS naik 12,76% dibanding hari biasanya,” lanjut Adrian dalam keterangan tersebut.
Selain itu, Indosat juga melakukan monitoring performa jaringan selama masa-masa kenaikan trafik tersebut melalui pengoperasian Command Center, yang beroperasi selama 24 jam penuh.
Command Center tersebut mampu mendeteksi dan menangani gangguan jaringan dengan cepat dan terintegrasi secara nasional dengan pusat kendali di Jakarta. Command Center akan mulai beroperasi pada 24 – 25 Desember 2014 dan 31 Desember 2014 – 1 Januari 2015.
(asj/asj)