XL Siaga di Tempat Wisata

Jakarta - XL Axiata telah menyiapkan jaringan guna mengantisipasi kemungkinan peningkatan trafik menyambut libur panjang Natal dan Tahun Baru.

Diprediksi, kenaikan trafik akan terjadi terutama di kota-kota besar serta daerah tujuan wisata termasuk di luar Jawa, semisal Bali. Seperti tahun-tahun sebelumnya, kenaikan trafik yang terjadi diprediksi tidak akan besar. Meski begitu XL tetap menyiagakan jaringannya secara maksimal.


Direktur Service Management XL – Ongki Kurniawan mengatakan, untuk memastikan kenyamanan pelanggan, XL bakal menaikkan kapasitas jaringan hingga dua kali lipat.


"Kami memperkirakan sepanjang liburan panjang ini nanti akan terjadi kenaikan trafik layanan pada voice sebesar 5%, SMS 10%, dan data sekitar 15-20% dari trafik normal sehari-hari. Tentu kami akan terus memantaunya dan memastikan semua berjalan semaksimal mungkin," lanjut Ongki dalam keterangannya, Rabu (24/12/2014).


Ia menambahkan, berbeda dengan Ramadan dan Lebaran, peningkatan trafik di Natal dan Tahun Baru cenderung terjadi di area tertentu, seperti pusat perbelanjaan, lokasi rekreasi dan hiburan, pelabuhan, dan bandara.


Untuk itu tempat-tempat tertentu seperti misalnya di Monas dan Ancol akan XL tambahkan dengan beberapa mobile BTS yang bisa dipindahkan sesuai kebutuhan.


Jaringan XL juga didukung oleh teknologi MSC pool dan SGSN in pool untuk 3G secara nasional. Dengan menerapkan sistem pool ini, jaringan XL diklaim akan terlindung dari lonjakan trafik pada satu lokasi tertentu karena kapasitas jaringan tersebar di beberapa titik.


Peningkatan kapasitas jaringan serta penempatan mobile BTS yang dilakukan oleh XL antara lain di beberapa titik lokasi antara lain Night Market Festival di Surabaya, kawasan Dago di Bandung, Pelabuhan Merak, serta Pantai Kuta dan Bandara Ngurah Rai di Bali. Hal yang sama juga dilakukan di Medan yaitu di Bandara Kuala Namu, serta di Jakarta, yaitu di kawasan Monas, Ancol, Ragunan, dan Puncak Bogor.


Kesiapan jaringan XL juga sudah dilakukan di wilayah Sumatera dan Sulawesi, antara lain wilayah Sumatera Utara, khususnya Medan, Pematang Siantar, Simalungun dan Toba Samosir serta Sulawesi khususnya Tomohon, Manado, serta beberapa kota di Papua yang masyarakatnya banyak yang merayakan Natal dan juga melakukan pulang kampung saat tahun baru.


Demi melayani total lebih dari 58,3 juta pelanggan secara nasional, hingga saat ini, XL memiliki 49 Ribu BTS (BTS 2G dan 3G). Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km yang menghubungkan hampir semua pulau-pulau utama di Indonesia. (ash/asj)