Telkom Bagi-bagi Jabatan Direksi

Jakarta - Tak sampai sepekan setelah Telkom melakukan perombakan pucuk pimpinan, BUMN telekomunikasi itu akhirnya mengumumkan nomenklatur jajaran direksi barunya yang dipimpin oleh Alex Janangkih Sinaga sebagai Direktur Utama.

Dalam keterangan yang diterima detikINET, Rabu (24/12/2014), berikut adalah susunan susunan direksi baru Telkom dan nomenklaturnya:



  • Direktur Utama: Alex J. Sinaga

  • Direktur Keuangan: Heri Sunaryadi

  • Direktur Innovation & Strategic Portfolio: Indra Utoyo

  • Direktur Enterprise & Business Service: Muhammad Awaluddin

  • Direktur Wholesale & International Service: Honesti Basyir

  • Direktur Consumer Service: Dian Rachmawan

  • Direktur Human Capital Management: Herdy Rosadi Harman

  • Direktur Network IT & Solution: Abdus Somad Arief




Vice President Public Relations Telkom Arif Prabowo menyatakan, dengan adanya pembagian tugas tersebut, jajaran direksi Telkom siap menjalankan kegiatan operasional perusahaan sesuai dengan tugas dan tanggung jawab masing-masing.

“Sebagai perusahaan ICT terbesar di Indonesia, Direksi Telkom yang baru juga berkomitmen untuk terus meningkatkan kinerja perusahaan demi mencapai total shareholder return yang maksimal dan siap menjadikan Telkom sebagai perusahaan ICT yang disegani di kawasan regional,” tegasnya.


Sebelumnya, usai diangkat menjadi Direktur Utama Telkom, Alex Sinaga menegaskan, jajaran direksi masih mengusung great spirit yang dibangun pendahulunya, Arief Yahya, yakni Solid, Speed, Smart (3S). Arief Yahya sendiri diangkat Presiden Joko Widodo sebagai Menteri Pariwisata dalam Kabinet Kerja.


Jika dilihat dari nomenklatur yang diumumkan ini, posisi direksi lama yang berganti adalah Honesti Basyir dimana sebelumnya menjadi Direktur Keuangan berganti sebagai Direktur Wholesale & International Service.


Sementara Muhammad Awaluddin dan Indra Utoyo masih di pos yang sama kala Arief Yahya menjadi Dirut Telkom. Sedangkan Dian, Herdy, dan Abdus Somad adalah eksekutif baru yang masuk bersama Alex usai RUPSLB 19 Desember 2014.


Saat ini publik tengah menunggu pengumuman calon pengganti Alex Sinaga sebagai Direktur Utama Telkomsel dan pengurus lainnya. Mantan Director of Wholesale & International Service Telkom, Ririek Adriansyah, menjadi kandidat kuat untuk mengisi posisi lowong tersebut.


(rou/ash)