SwaKita, Aplikasi e-Blusukan untuk Lurah

Jakarta - Macet, banjir, tumpukan sampah dan keluhan lain kini bisa langsung diadukan secara cepat lewat sebuah aplikasi. SwaKita, demikian nama aplikasi tersebut, membuka jalan warga kepada Lurah secara langsung.

"SwaKita punya fasilitas pelaporan yang dirancang khusus untuk kebutuhan warga. Di sini bisa melaporkan permasalahan yang ditemui di manapun dan akan langsung diterima oleh Lurah setempat untuk diselesaikan," kata Sumarpung Halim, CEO Skydream yang mengembangkan SwaKita saat berkunjung ke kantor detikINET.


Secara teknis, SwaKita dibuat seperti peta berbasis media sosial. Nantinya aplikasi itu akan dibuat seperti pengaduan masyarakat. Pengguna bisa memantau situasi berdasarkan laporan pengguna SwaKita lainnya. Mereka juga bisa saling me-like laporan-laporan lain di SwaKita.



Aplikasi SwaKita yang digunakan warga dan lurah/camat itu berbeda. Nah, setiap lurah juga bakal memiliki cakupan wilayah pengaduan yang sendiri-sendiri. Singkatnya, Lurah Gambir tak akan mendapat laporan pengaduan untuk wilayah Lenteng Agung.


Adapun kategori laporan yang bisa diadukan mulai dari urusan ketertiban, keamanan, sarana, bencana, urusan sosial kebersihan dan lainnya.


Next


(rns/ash)